Analis Pengaruh Devidend Payout Ratio, Leverage, Firm Size, Volume Perdagangan, Earning Volatility, Dan Inflasi Terhadap Volatilitas Harga Saham Pada Perusahaan Yang Terdaftar Dalam Indeks LQ 45 Tahun 2014

  • Eva Yulinda Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta
  • Triani Puji Astuti
  • S. T Haryono

Abstract

         Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Dividend Payout Ratio, Leverage, Ukuran Perusahaan, Volume Perdagangan, Volatilitas Produktif, dan Inflasi terhadap Volatilitas Harga Saham untuk perusahaan yang terdaftar dalam Indeks LQ45 2014-2017. Populasi penelitian adalah 70 perusahaan yang terdaftar dalam Indeks LQ45 2014-2017. Pengambilan sampel dari perusahaan multiguna 22 dengan menggunakan metode purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari halaman Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id), halaman Bank Indonesia (www.bi.go.id) dan www.finance.yahoo.com. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Berganda, uji normalitas, uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolinieritas, uji autokorelasi, dan uji heteroskedastisitas, uji f, uji koefisien determinasi, dan uji statistik t. Hasil pengujian sedangkan secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa variabel Dividend Payout Ratio, Ukuran Perusahaan, dan Inflasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Volatilitas Harga Saham. Volume Perdagangan Variabel berpengaruh positif signifikan terhadap Volatilitas Harga Saham. Sedangkan Earning Volatility Variabel berpengaruh negatif signifikan terhadap Volatilitas Harga Saham. Dan variabel Leverage berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Volatilitas Harga Saham.

Kata kunci: Volatilitas Harga Saham, Rasio Pembayaran Dividen, Leverage, Ukuran Perusahaan, Volume Perdagangan, Volatilitas Produktif, dan Inflasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-20