A, Permanik, Intan PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN BERBICARA ANAK USIA DINI MELALUI MODEL DIALOGIC READING

  • Intan Permanik
Keywords: Dialogic reading, kemampuan menyimak dan berbicara

Abstract

Kemampuan berbicara dan menyimak adalah kemampuan alamiah yang dapat dimiliki oleh siapa pun, termasuk anak-anak. Namun anak-anak bukanlah individu dengan kemampuan berbicara yang cukup baik. Kendati dapat berkembang dengan sendirinya, kemampuan berbicara pada anak –khususnya anak usia dini– memerlukan rangsangan khusus sehingga dapat berkembang dengan baik. Model pembelajaran dialogic reading adalah salah satu alternatif atau rangsangan yang dapat digunakan. Metode pembelajaran ini memiliki orientasi pada rangsangan kemampuan berbicara dan menyimak. Pada pelaksanaannya orang tua model pembelajaran ini dilakukan dengan cara membacakan sebuah cerita atau dongeng lalu mengajukan pertanyaan mengenai dongeng atau cerita tersebut. Jawaban anak yang tepat akan dianggap baik. Kegiatan tersebut terus dilakukan hingga didapat kemampuan yang dinilai ideal. Penelitian ini memiliki orientasi untuk mengukur seberapa tinggii keterkaitan dan pengaruh yang diberikan dialogic reading terhadap kemampuan berbicara dan menyimak anak usia dini. Setelah diteleti menggunakan metode penelitian tindakan yang diadakan pada TKIT Anak Bintang 3, diketahui bahwa model pembelajaran dialogic reading memiliki pengaruh yang relatif tinggi terhadap kemampuan berbicara dan menyimak anak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-05-30