Hubungan Kompetensi Profesional Widyaiswara dan Prestasi Belajar Guru Terhadap Hasil Uji Sertifikasi Kompetensi Guru Keahlian Ganda

  • Titin Karnasih Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  • Sitti Nursetiawati Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  • Mahdiyah Mahdiyah Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto bertujuan memunculkan hipotesis adanya hubungan kompetensi professional widyaiswara dan prestasi belajar peserta diklat PKG dengan hasil sertifikasi kompetensi keahlian ganda. Sampel yang diambil adalah 8 widyaiswara Penyaji Materi Pelatihan Paket Keahlian Kecantikan Rambut dan Wajah, 43 peserta (guru) Pelatihan Paket Keahlian Kecantikan Rambut dan Wajah. Analisa data dilakukan terhadap data yang diperoleh menggunakan teknik analis statistik inferensial parametris asosiatif (hubungan) terhadap variable penelitian menggunakan Chi-square. Hasil perhitungan menunjukkan tidak ada hubungan antara kompetensi professional widyaiswara dan prestasi belajar peserta diklat PKG dengan hasil sertifikasi kompetensi keahlian ganda. Hal tersebut mengindikasikan bahwa hasil sertifikasi kompetensi keahlian ganda ditentukan dari hal-hal lain di luar kompetensi professional widyaiswara dan prestasi belajar peserta diklat PKG.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 20, 2020
How to Cite
KARNASIH, Titin; NURSETIAWATI, Sitti; MAHDIYAH, Mahdiyah. Hubungan Kompetensi Profesional Widyaiswara dan Prestasi Belajar Guru Terhadap Hasil Uji Sertifikasi Kompetensi Guru Keahlian Ganda. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 5, n. 5, p. 177-187, may 2020. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/1120>. Date accessed: 06 june 2020. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i5.1120.