Pengaruh Kebijakan Pemeriksaan, Kebijakan Akses Informasi Keuangan dan Forensik Digital terhadap Kualitas Pemeriksaan Pajak

  • Luh Putu Dian Shavitri Handayani Universitas Pendidikan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur, Indonesia
  • Gede Sri Darma Universitas Pendidikan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh implementasi kebijakan penentuan sasaran prioritas pemeriksaan, kebijakan buka rekening untuk kepentingan perpajakan dan forensic digital terhadap kualitas pemeriksaan di Lingkungan Kanwil DJP Bali. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode purposive sampling dalam penentuan sampel dan metode Partial Least Square (PLS) sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa kebijakan penentuan sasaran prioritas pemeriksaan, kebijakan buka rekening dan forensic digital memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kualitas pemeriksaan. Tax ratio Indonesia yang masih tergolong rendah, menandakan masih banyak potensi pajak yang belum tergali, sehingga hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi berarti bagi pembuat kebijakan dan otoritas pajak agar dapat mengimplementasikan strategi yang sesuai untuk meningkatkan kualitas pemeriksaan sehingga dapat meningkatkan kemauan membayar dari wajib pajak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 20, 2021
How to Cite
HANDAYANI, Luh Putu Dian Shavitri; DARMA, Gede Sri. Pengaruh Kebijakan Pemeriksaan, Kebijakan Akses Informasi Keuangan dan Forensik Digital terhadap Kualitas Pemeriksaan Pajak. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 1260-1272, mar. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/1142>. Date accessed: 12 apr. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i3.1142.