Pencarian Rute Terpendek Menuju Tempat Wisata Menggunakan Metode Algoritma Greedy Pada Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Cirebon

  • Badrudin Hadibrata
  • Saeful Maudin

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari sering dilakukan perjalanan dari suatu tempat ke tempat lain yang akan dituju. Salah satunya adalah tempat wisata, tempat wisata adalah salah satu objek menarik yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun luar daerah karna merupakan salah satu tempat yang menarik untuk di kunjungi. Wisatawan akan mempertimbangkan kriteria tempat wisata seperti lokasi, keindahan, kenyamanan lingkungan dan pemandangan indah di tempat wisata yang di tuju. Selain itu faktor jarak dan tempat wisata yang dikunjunginya adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan agar tidak terlalu lama memakan waktu dalam perjalanan menuju ke tempat wisata tersebut. Pada penelitian ini dibangun sistem untuk melakukan pencarian rute terpendek menuju tempat wisata berdasarkan lokasi wisata yang akan di tuju dimana untuk memudahkan wisatawan dalam melakukan efisensi jarak perjalanan wisata dan waktu singkat yang di tempuh untuk sampai ke lokasi wisata. Oleh karena itu sangat diperlukan penentuan rute terpendek antar satu tempat ke tempat lain yang akan menjadi tujuan wisata selanjutnya. Sistem Informasi Geografis ini menggunakan metode Algoritma Greedy. Sehingga dengan Sistem Informasi Geografis ini dapat mempermudah para pengunjung khususnya wisatawan lokal maupun luar daerah untuk menuju tempat wisata dengan rute perjalanan tempat wisata yang singkat dan cepat dan efisiensi waktu tanpa membuang waktu yang lama dan mendapatkan solusinya.


 


Kata kunci: Kualitas layanan, Motivasi, Keputusan konsumen untuk menabung Algoritma Greedy, Rute Perjalanan, Tempat Wisata, Sistem Informasi Gografis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 20, 2020
How to Cite
HADIBRATA, Badrudin; MAUDIN, Saeful. Pencarian Rute Terpendek Menuju Tempat Wisata Menggunakan Metode Algoritma Greedy Pada Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Cirebon. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 5, n. 5, p. 26-35, may 2020. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/1157>. Date accessed: 06 june 2020. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i5.1157.