Determinan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Sukabumi

  • Zulkarnain Zulkarnain Program Studi Akuntansi, Institut Manajemen Wiyata Indonesia
  • Dahlia Anggyastuti Ningrum Program Studi Akuntansi, Institut Manajemen Wiyata Indonesia

Abstract

Laporan keuangan pemerintah pada hakikatnya merupakan suatu bentuk pertanggungjawaban pemerintah kepada rakyat atas pengelolaan dana publik. Pemerintah wajib menyusun laporan keuangan hingga memenuhi ciri kualitatif laporan keuangan yaitu relevan, cakap, bisa di perhitungkan serta bisa dimengerti. Penelitian ini dilakukan supaya bisa menilai determinan kualitas laporan keuangan, diantaranya kemampuan sumber daya manusia, implementasi sistem informasi akuntansi keuangan daerah, dan implementasi standar akuntansi pemerintahan pada Pemerintah Daerah Kota Sukabumi. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik survey pada 19 OPD berbentuk Badan dan Dinas di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Sukabumi dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Kuesioner disebarkan kepada responden yaitu Staf Sub Bagian Keuangan pada masing-masing OPD yang berjumlah 40 orang. Pengujian instrumen penelitian dilakukan melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Pengujian pemenuhan syarat/ asumsi klasik dilakukan melalui uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi berganda: uji koefisien determinasi, uji F dan uji t dengan alat bantu program SPSS. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dengan cara parsial kemampuan sumber daya manusia tidak berdampak kepada kualitas laporan keuangan Pemerintah Daerah Kota Sukabumi. Saat ini Pemerintah Daerah Kota Sukabumi telah memiliki laporan keuangan yang berkualitas, di saat kemampuan sumber daya manusia belum memadai akibat kurangnya pelatihan dalam bidang akuntansi. Laporan keuangan dalam hal ini disusun bekerjasama dengan mitra eksternal. Di sisi lain, penerapan sistem informasi akuntansi keuangan daerah serta implementasi standar akuntansi pemerintahan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Daerah Kota Sukabumi. Kualitas proses pengolahan informasi yang didukung oleh kualitas sistem informasi membantu dalam meng-hasilkan laporan keuangan yang baik. Penerapan standar akuntansi pemerintahan meningkatkan kredibilitas, transparansi, dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Hasil penelitian ini juga memperlihatkan bahwa dengan cara simultan ketiga determinan tersebut berdampak positif signifikan kepada kualitas laporan keuangan Pemerintah Daerah Kota Sukabumi dengan hasil pengujian koefisien determinasi menunjukkan kemampuan menjelaskan variasi sebesar 81,5%.


Kata kunci: kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, kompetensi SDM, sistem informasi akuntansi keuangan daerah, standar akuntansi pemerintahan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
May 20, 2020
How to Cite
ZULKARNAIN, Zulkarnain; NINGRUM, Dahlia Anggyastuti. Determinan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Sukabumi. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 5, n. 5, p. 201-215, may 2020. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/1161>. Date accessed: 06 june 2020. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i5.1161.