Peningkatan Kesegaran Jasmani Melalui Pelatihan Aerobik Dengan Beban Dibandingkan Tanpa Beban Pada Anggota Militer PUSDIKJAS TNI AD di Cimahi

  • Ahmad Dwi Marwiyanto Akademi Fisioterapi RS. Dustira Cimahi

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk membentuk pelatihan alternative yaitu penambahan beban pada latihan aerobik pada anggota Pusdikjas TNI AD di Cimahi dalam meningkatkan kesegaran jasmani. Kesegaran jasmani merupakan kemampuan seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan tertentu dengan baik, tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Pengukuran kesegaran jasmani dengan mengetahui VO2 maks dipandang sebagai cara yang paling baik dan dipercayai memiliki hubungan dengan kesehatan, prestasi kerja dan olahraga, semua ini berkaitan dengan daya tahan dan perfoma. Penelitian ini untuk mengetahui adanya perbedaan latihan aerobik tanpa beban dan dengan beban terhadap peningkatan nilai VO2 maks. Kedua kelompok baik kelompok kontrol maupun perlakuan melakukan lari aerobik selama 30 menit 5 kali perminggu selama 10 minggu. Untuk selanjutnya dilihat perubahan nilai VO2 maks Antara nilai awal dan akhir pada kedua kelompok dengan melakukan tes lari 12 menit. Uji T- independent digunakan untuk membandingkan perubahan nilai VO2 maks antar kelompok. Dari 34 orang anggota militer Pusdikjas TNI AD di Cimahi yang terbagi 2 kelompok, yaitu kelompok kontrol dan perlakuan didapatkan hasil (1) Terdapat peningkatan nilai VO2 maks pada kelompok kontrol antara sebelum dan sesudah melakukan lari aerobic tanpa beban (p <0,05). (2) Ada perbedaan peningkatan nilai VO2 maks pada kelompok perlakuan antara sebelum dan sesudah melakukan lari aerobik dengan beban (p<0,05). (3) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok terhadap peningkatan nilai VO2 maks sebelum dan sesudah melakukan lari aerobik (p>0,05). Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan beban seberat 5,5 kg di punggung dengan melakukan lari aerobik 5 kali seminggu selama 10 minggu tidak ada pengaruh terhadap peningkatan nilai VO2 maks pada anggota militer TNI AD Pusdikjas yang merupakan orang-orang yang sudah terlatih atau mempunyai nilai VO2 maks awal baik. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipakai dasar penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan program latihan aerobik dalam meningkatkan kesegaran jasmani.
 

Kata kunci : VO2 maks, latihan aerobik dan militer

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 20, 2020
How to Cite
MARWIYANTO, Ahmad Dwi. Peningkatan Kesegaran Jasmani Melalui Pelatihan Aerobik Dengan Beban Dibandingkan Tanpa Beban Pada Anggota Militer PUSDIKJAS TNI AD di Cimahi. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 5, n. 6, p. 7-20, june 2020. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/1318>. Date accessed: 14 july 2020. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i6.1318.