Pengaruh Pengetahuan Investasi, Persepsi Return, dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Investasi Pada Galeri Investasi Syariah Bursa Efek Indonesia Iain Batusangkar

  • Khairul Marlin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar

Abstract

Pendirian Galeri Investasi Syariah Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai sarana dalam penyebarluasan informasi dan sosialisasi tentang pasar modal di lingkungan civitas akademika, serta diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan memberikan motivasi kepada civitas akademika tentang pentingnya melakukan investasi, disamping mengharapkan return yang akan diterima. Kegiatan edukasi dan literasi yang dilakukan berhasil meningkatkan jumlah mahasiswa yang menanamkan investasinya di Galeri Investasi Syariah BEI IAIN Batusangkar. Hal ini mendapat apresiasi dari Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Sumatera Barat pada Bulan Maret Tahun 2020 sebagai Galeri Investasi yang melahirkan jumlah investor terbanyak selama Tahun 2019 serta penghargaan sebagai galeri yang berhasil melaksanakan kegiatan edukasi yang terbanyak selama Tahun 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan investasi, persepsi return dan motivasi investasi terhadap minat investasi mahasiswa pada Galeri Investasi Syariah BEI IAIN Batusangkar. Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan investasi berpengaruh secara signifikan terhadap minat investasi mahasiswa, persepsi return tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat investasi dan motivasi investasi berpengaruh sangat signifikan terhadap minat investasi mahasiswa di Galeri Investasi Syariah BEI IAIN Batusangkar.


Kata kunci: Pengetahuan, Persepsi Return, Motivasi dan Minat Investasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 20, 2020
How to Cite
MARLIN, Khairul. Pengaruh Pengetahuan Investasi, Persepsi Return, dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Investasi Pada Galeri Investasi Syariah Bursa Efek Indonesia Iain Batusangkar. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 5, n. 6, p. 120-128, june 2020. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/1327>. Date accessed: 14 july 2020. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i6.1327.