Penggunaan Model Concept Sentence Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Kota Makassar

  • Musmita Musmita Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Erwin Akib Universitas Muhammadiyah Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui gambaran keterampilan menulis karangan siswa kelas V Sekolah Dasar Se Kota Makassar sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Concept Sentence pada mata pelajaran bahasa Indonesia dan pengaruh penggunaan model pembelajaran Concept Sentence pada mata pelajaran bahasa Indonesia terhadap keterampilan menulis karangan siswa kelas V Sekolah Dasar Se-Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang sifatnya Quasi Experiment dengan pre-test, post-test control group desain. dengan demikian hasil penelitian penggunaan model pembelajaran concept sentence terhadap keterampilan menulis karangan kelas V Se-Kota Makassar hasilnya positif, hasil belajar menulis karangan dengan menggunakan  model pembelajaran concept sentence  menunjukkkan hasil belajar yang lebih baik dari pada sebelum diterapkan. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran concept sentence terhadap keterampilan  menulis karangan siswa kelas V Sekolah Dasar Se-Kota Makassar.


Kata kunci: Concept Sentence, Karangan, Keterampilan Menulis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 20, 2020
How to Cite
MUSMITA, Musmita; AKIB, Erwin. Penggunaan Model Concept Sentence Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Kota Makassar. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 5, n. 6, p. 139-148, june 2020. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/1329>. Date accessed: 14 july 2020. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i6.1329.