Pengaruh Minat Membaca Terhadap Keterampilan Berbicara Sekolah Dasar Kelas V Se- Kota Makassar

  • Richa Yunita Rasyid Magister Farmasi, Universitas Pancasila Jakarta
  • Erwin Akib Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sitti Aida Azis Universitas Muhammadiyah Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui minat baca siswa kelas V Sekolah Dasar Se- Kota Makassar, (2) Mengetahui sejauh mana keterampilan berbicara siswa kelas V Sekolah Dasar Se- Kota Makassar, (3) Mengetahui pengaruh minat membaca siswa terhadap keterampilan berbicara kelas V Sekolah Dasar Se- Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif, metode survei dalam studi regresional. Populasinya adalah seluruh siswa Kelas V Sekolah Dasar Se Kota Makassar. Sampel berjumlah 118 orang, yang diperoleh melalui cluster. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh  minat membaca terhadap keterampilan berbicara t akademik khusus terhaMAkassar didik terhdapa hasil belajar kimia peserta didik Kelas V Sekolah Dasar Se Kota Makassar t=19,026 dengan (sig p= 0.000<α=0.05), sumbangan minat membaca terhadap keterampilan berbicara yang diperoleh dalam penelitian ini sebesar 75,7%, diperoleh nilai R = 0,870, R square = 0.757 dan nilai F = 362.000 dan (sig p = 0.000 < α 0,05), sumbangan pengaruh minat membaca 75,7%.


Kata kunci: Minat baca, pengaruh dan berbicara


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 20, 2020
How to Cite
RASYID, Richa Yunita; AKIB, Erwin; AIDA AZIS, Sitti. Pengaruh Minat Membaca Terhadap Keterampilan Berbicara Sekolah Dasar Kelas V Se- Kota Makassar. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 5, n. 6, p. 149-157, june 2020. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/1330>. Date accessed: 14 july 2020. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i6.1330.