Analisis Positioning Pelaku Usaha Tanaman Hias di Kota Makassar

  • Riska Tiasmalomo Universitas Hasanuddin Makassar.
  • Didi Rukmana Universitas Hasanuddin Makassar
  • Mahyuddin Mahyuddin Universitas Hasanuddin Makassar

Abstract

Sebagian besar pelaku usaha tanaman hias di Kota Makassar tidak mengetahui positioning dari usaha mereka sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik petani dan usahatani tanaman hias di Kota Makassar dan untuk menganalisis positioning setiap pelaku usaha tanaman hias di Kota Makassar. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis competitive profile matrix. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik umum petani tanaman hias di Kota Makassar adalah berjenis kelamin laki-laki, berusia ≥ 41 Tahun, jumlah tanggungan keluarga sebanyak 3 orang, tingkat pendidikan SMA, dan tingkat pendapatan Rp. 4.000.000-Rp.15.000.000. Sedangkan karakteristik umum usahatani tanaman hias di Kota Makassar adalah lokasi usaha sebagian besar berada di Kecamatan Tamalate, luas lahan usaha ≥15 m2, sumber modal usaha dari modal sendiri, skala pasar hanya sebatas wilayah lokal, dan status kepemilikan usaha adalah milik sendiri. Adapun hasil analisis Competitive Profile Matrix yang menunjukkan bahwa nilai positioning tertinggi berturut-turut dikuasai oleh responden 18 (Yetty) dengan nilai positioning sebesar 3,769; responden 8 (Arianto) dengan nilai positioning sebesar 3,678; dan responden 7 (Sultan) dengan nilai positioning sebesar 3,621.

Kata Kunci: karakteristik, positioning, pelaku usaha, tanaman hias

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-20