Pengaruh Media Animasi Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Murid Kelas V SD Se-Kota Makassar

  • Syahruni Hambali Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Erwin Akib Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sitti Aida Azis Universitas Muhammadiyah Makassar

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh penggunaan media animasi terhadap keterampilan menulis cerita murid kelas V SDN se-Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media animasi terhadap keterampilan menulis cerita murid kelas V SDN se-Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap keterampilan menulis cerita murid kelas V SD Negeri se-Kota Makassar sebanyak 112 murid, dikelompokkan atas dua kelompok, yaitu siswa kelas V SD Pongtiku dan kelas V SD Kaccia sebanyak 56 orang sebagai kelompok/ kelas eksperimen dan siswa kelas V SD Sangir dan kelas V SD Labuang Baji sebanyak 56 orang sebagai kelompok/ kelas kontrol. Penelitian dilaksanakan selama 10 kali pertemuan yang terbagi 5 kali pertemuan pada kelas eksperimen dan 5 kali pertemuan pada kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar bahasa Indonesia berupa pre-test dan post-test. Adapun hasil analisis deskriptif yang diperoleh sebagai berikut, menunjukkan bahwa siswa kemampuan dalam menulis cerita lebih tinggi, dimana skor murid kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Sementara itu, dari hasil uji-t menunjukkan bahwa perbedaan signifikan nilai t-tabel dengan nilai t-test terbukti dengan t-test. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa media animasi berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita pada murid kelas V  SD Negeri se-Kota Makassar.

Kata kunci: Keterampilan media animasi, media animasi dan hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-21