Pengaruh Penggunaan Metode Konvensional Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Kota Makassar

  • Syarifah Marhaeni Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Sukri Syamsuri Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Tarman A. Arif Universitas Muhammadiyah Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan berbicara siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kota Makassar sebelum dan sesudah penerapan metode konvensional berbantuan media gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, (2) mengetahui pengaruh penggunaan metode konvensional berbantuan media gambar terhadap kemampuan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang sifatnya Quasi Eksperiment. Populasinya adalah seluruh siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Kota Makassar. Sampel berjumlah 50 orang, yang terdiri dari kelas eksperimen SD Labunag Baji 25 orang dan SD Sangir 25 orang. Hal ini diperoleh melalui total purposve sampling. Hasil penelitian berdasarkan analisis statistik deskriptif penggunaan media gambar terhadap hasil belajar berbicara siswa kelas IV hasilnya berpengaruh. Hal ini bisa dilihat siswa lebih semangat belajar, berani tampil di depan dan mudah mengungkapkan cerita sesuai gambar yang ditampilkan dengan menggunakan bahasa sendiri. Hal ini membuktikan bahwa adanya pengaruh penggunaan media gambar terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV Sekolah Dasar di Kota Makassar.


Kata kunci: Pengaruh, media gambar dan keterampilan berbicara

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 21, 2020
How to Cite
MARHAENI, Syarifah; SUKRI SYAMSURI, Andi; A. ARIF, Tarman. Pengaruh Penggunaan Metode Konvensional Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Berbicara Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Kota Makassar. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 5, n. 6, p. 192-201, june 2020. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/1334>. Date accessed: 14 july 2020. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i6.1334.