Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbasis Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar IPA

  • Anggi Pramowardhani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Al Ihya Kuningan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided discovery learning berbasis media audiovisual terhadap hasil belajar IPA pada konsep cahaya dan sifat-sifatnya di Kelas V SD Negeri 1 Sukamulya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Sukamulya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dimana penulis menetapkan populasi menjadi sampel penelitian. Jadi sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas V.A SD Negeri 1 Sukamulya yang berjumlah 30 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V.B SD Negeri 1 Sukamulya yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji t) yang digunakan untuk pengaruh model guided discovery learning berbasis media audiovisual terhadap hasil belajar IPA pada konsep cahaya dan sifat-sifatnya di Kelas V SD Negeri 1 Sukamulya. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh data t hit (5,70) > t daf (1,67), maka Hi diterima artinya bahwa terdapat pengaruh model guided discovery learning berbasis media audiovisual terhadap hasil belajar IPA pada konsep cahaya dan sifat-sifatnya di Kelas V SD Negeri 1 Sukamulya. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model guided discovery learning berbasis media audiovisual terhadap hasil belajar IPA pada konsep cahaya dan sifat-sifatnya di Kelas V SD Negeri 1 Sukamulya.

Kata kunci:  Model Guided Discovery Learning; Media Audiovisual; Hasil Belajar Siswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-20