Implementasi Information And Technology (IT) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Kelas VII F SMPN 2 Gunung Jati Kabupaten Cirebon

  • Oriza Aditya CV. Syntax Corporation Indonesia
  • Verren Fitri Qomariyah CV. Syntax Corporation Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan data mengenai: 1) untuk memperoleh data tentang pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII F SMPN 2 Gunung Jati, 2) untuk menganalisis tentang Implementasi media IT dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas VII F SMPN 2 Gunung Jati, 3) untuk Mendeskripsikan tentang faktor pendukung dan penghambat implementasi IT pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII F SMPN 2 Gunung Jati. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menentukan  informan menggunakan pengambilan sampel secara purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Berdasarkam hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa IT yang diapliksikan dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam ini sangatlah bagus dan jika hal ini berlangsung terus menerus hal ini akan menynjang belajar siswa. Dengan adanya implementasi IT ini dapat menambah wawasan dalam mencari ilmu pelajaran. Perencanaan, dengan adanya forum MGMP sesama guru dapat menentukan media IT dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan, fokus IT sendiri digunakan salah satunya untuk Data Pokok Pendidikan, Pelaporan Online data sekolah, Website sekolah, alat proyektor dipakai sesekali untuk kegiatan tertentu guru, UNBK. Dan evaluasi berbentuk tes yakni tes lisan maupun tes tulis untuk mengukur hasil dari penggunaan media IT dengan komparasi tidak menggunakan media IT.


Keyword: Pendidikan Agama Islam;  Information And Technology (IT); Pembelajaran IT

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 21, 2020
How to Cite
ADITYA, Oriza; FITRI QOMARIYAH, Verren. Implementasi Information And Technology (IT) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Kelas VII F SMPN 2 Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 5, n. 7, p. 439-450, july 2020. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/1473>. Date accessed: 14 aug. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i7.1473.