Strategi Pengembangan Kapasitas Tenaga Akademik (PKTA) Untuk Meningkatkan Produktivitas Dan Daya Saing Pendidikan Tinggi

  • Nanang Fattah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Indonesia
  • Sumarto Sumarto Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Indonesia
  • Abubakar Abubakar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Indonesia
  • Budhi Pamungkas G Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung Indonesia

Abstract

Tujuan Penelitian pada tahun ini (2020) sebagai tahap terakhir menghasilkan temuan berkaitan dengan output dan outcome dari implementasi kebijakan pengembangan kapasitas tenaga akademik dalam upaya pendekatan produktivitas dan daya saing PT. Metode yang digunakan di kenal dengan mixed methods (Creswell & Clark, 2007) dengan disain explanatory dan meta analisis studi kasus di PTNbh (11 PTNbh) di Indonesia. Kerangka konsep (Conceptual Framework) mencakup keterkaitan dari 3 konsep utama yaitu globalisasi (globalization), manajemen perubahan (management of change) dan faktor-faktor penentu pendidikan tinggi kelas dunia Temuan penelitian secara umum PT masih memerlukan: 1) Standar output lulusan pada aspek ketepatan waktu dan masa tunggu kerja, relevansi implementasi dan pendapatan kerja, jumlah publikasi ilmiah standar internasional, sitasi luaran publikasi ilmiah dosen; 2) Standarisasi layanan yang diberikan oleh universitas kepada mahasiswa sesuai harapan dan kepuasan mahasiswa. Dan nilai yang dibebankan dalam memperoleh benefit ekonomi, sosial dan karakter; 3) Komitmen dosen dan pimpinan PT dalam upaya internasionalisasi yang dituangkan dalam renstra umum; 4) Pengembangan jejaring (Networking) dalam perspektif internasionalisasi PT. Implikasi Banyak cara yang dapat dilakukan untuk merespon tantangan dari arus perubahan global (Mega trend) yang berdampak terhadap perubahan kebijakan, kepemimpin dan manajemen, dan strategi pengembangan PT. Perubahan pendekatan,orientasi dan kultur PTĀ  menuntut setiap individu memahami tujuan, manfaat dan outcome dari perubahan itu. Namun fokus perubahan adalah keasadaranĀ  pimpinan untuk melakukan perubahanĀ  (Conscious transformational change leadership).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 21, 2020
How to Cite
FATTAH, Nanang et al. Strategi Pengembangan Kapasitas Tenaga Akademik (PKTA) Untuk Meningkatkan Produktivitas Dan Daya Saing Pendidikan Tinggi. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 5, n. 8, p. 623-631, aug. 2020. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/1545>. Date accessed: 23 sep. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i8.1545.