Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning Pada Meteri Listrik Statis Dan Dinamis

  • Novi Astrihani Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan perangkat pembelajaran fisika SMK berbasis Problem Based Learning untuk peserta didik SMK kelas XI TKR, bagaimana pencapaian peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran Fisika SMK berbasis Problem Based Learning serta mengetahui pengaruh perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning pada materi listrik statis dan dinamis yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar. Metode yang digunakan yaitu metode analisis yakni teknik analisis data yang dilakukan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran fisika SMK berbasis Problem Based learning (PBL) pada kelas XII Teknik Kendaraan Ringan, yang meliputi instrumen data berupa studi pendahuluan, validasi, dan uji coba produk. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah perangkat pembelajaran Fisika SMK berbasis problem based learning yang terdiri dari Silabus, RPP, Bahan Ajar, lembar penilaian dan Lembar Kerja Siswa. Masalah yang muncul dalam penelitian ini berkaitan dengan kevalidan pengembangan perangkat pembelajaran fisika SMK berbasis Problem Based Learning untuk peserta didik SMK kelas XII TKR, pencapaian peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran Fisika SMK berbasis Problem Based Learning serta pengaruh penggunaan metode belajar menggunakan metode Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 21, 2020
How to Cite
ASTRIHANI, Novi. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning Pada Meteri Listrik Statis Dan Dinamis. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 5, n. 8, p. 632-641, aug. 2020. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/1555>. Date accessed: 26 sep. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i8.1555.