Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. JNE Cabang Subang

  • Udin Zaenudin STIE Miftahul Huda Subang

Abstract

Tingkat perkembangan ekonomi dunia dewasa ini ditandai dengan globalisasi di segala bidang yang diiringi pula dengan tingginya tingkat mobilitas penduduk, lalu lintas uang dan barang dalam arus perdagangan. Salah satu kebutuhan yang tak kalah penting di era globalisasi ini adalah kebutuhan akan jasa pengiriman barang. Penelitian ini bertujuan untuk a) mengetahui mengetahui pengaruh kualitas layanan costumer service dan harga secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada PT JNE Cabang Subang b) mengetahui pengaruh kualitas layanan costumer service dan harga secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada PT JNE Cabang Subang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen PT JNE Cabang Subang yang berjumlah 53 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Wawancara langsung kepada pihak – pihak yang terlibat dengan masalah yang sedang dibahas serta memberikan kuesioner kepada pelanggan PT JNE Cabang Subang  yang sesuai dengan penelitian yang dilakukan. Alat analisis yang digunakan yaitu Analisa Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kualitas tidak berpengaruh terhadap kepuasan, hal ini di tunjukan dengan nilai t hitung 1.608 < ttabel 1.676 dan nilai Sig 0.114 lebih besar dari 0.05. Kemudian Harga secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan hal ini di buktikan dengan  nilai t hitung 0.122  <  ttabel 1.676 dan nilai Sig 0,963 lebih besar dari  0.05. Dan secara simultan atau bersama-sama nilai F hitung 1.296 < Ftabel 3.18  dan nilai Sig 0,283 lebih besar dari 0.05. berarti tidak ada pengaruh signifikan antara variabel kualitas dan harga terhadap variabel kepuasan. Mengacu pada nilai koefisien determinasi, menunjukkan sumbangan efektif kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen  hanya sebesar 07.3 %, maka sehubungan dengan hal tersebut,  di harapkan lebih menfokuskan pada indikator harga seperti harga jual, kesesuaian harga dan perbandingan harga

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 21, 2020
How to Cite
ZAENUDIN, Udin. Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen pada PT. JNE Cabang Subang. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 5, n. 8, p. 703-722, aug. 2020. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/1561>. Date accessed: 23 sep. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i8.1561.