Pelayanan Aksesibilitas Jalur Ramah Disabilitas di Trotoar Jalan Margonda Kota Depok

  • Bhakti Nur Avianto Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Nasional Jakarta, Indonesia
  • Syifa Nur Fauziah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Nasional Jakarta, Indonesia

Abstract

Pelayanan aksesibilitas oleh pemerintah salah satunya memberikan akses dalam bentuk fisik khusus bagi penyandang disabilitas. Namun demikian, aksesibilitas bagi difabel yang dijanjikan pemerintah Kota Depok pada prakteknya tetap saja belum mempermudah akses pergerakan mereka, sebagian jalur digunakan untuk parkir kendaran bermotor, tumpukan sampah, dan pedagang kaki lima. Bahkan banyak jalur disabilitas yang rusak dan tidak berfungsi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana fungsi pelayanan publik terhadap aksesibilitas penyandang disabilitas di trotoar Jalan Margonda Kota Depok terwujud secara optimal. Metode survei digunakan untuk memperoleh gambaran tentang pelayanan aksesilibilitas difabel. Hasilnya diperoleh bahwa pelayanan jalur ramah disabilitas di trotoar Jalan Margonda Kota Depok masih meretas berbagai kendala dan ketersediaan sarananya belum dikatakan efektif, terganggu oleh aktivitas non-difabel yang digunakan untuk berdagang, parkir kendaran bermotor, tumpukan sampah dan kurangnya perhatian pemerintah terhadap upaya perbaikan serta pemeliharaan. Oleh karena itu jalur khusus ini sangat tidak ramah bagi kaum difabel baik dilihat dari aspek kemudahan dan aspek keamanannya. Sehingga hak kaum difabel sebagai masyarakat Kota Depok belum terpenuhi dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 20, 2020
How to Cite
AVIANTO, Bhakti Nur; FAUZIAH, Syifa Nur. Pelayanan Aksesibilitas Jalur Ramah Disabilitas di Trotoar Jalan Margonda Kota Depok. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 5, n. 9, p. 788-801, sep. 2020. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/1582>. Date accessed: 28 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i9.1582.