Manajemen Komunikasi Infid Dalam Pendampingan Pemda Kabupaten Cirebon Dan Kota Yogyakarta Mencapai Sustainable Development Goals

  • Salsabila Pratiwi Universitas Nasional Jakarta, Indonesia
  • Yayu Sriwartini Universitas Nasional Jakarta, Indonesia

Abstract

Penelitian ini mengangkat implementasi manajemen komunikasi dalam organisasi non pemerintah  yaitu International NGO Forum on Indonesian Development (INFID). Salah satu fokus kerja INFID yaitu mendampingi pemerintah daerah di Kabupaten Cirebon dan Yogyakarta untuk mencapai tujuan sustainable development goals (SDGs). Pemerintah daerah memiliki peranan penting dalam menghelat SDGs di daerah. Kabupaten Cirebon dan Yogyakarta merupakan dua daerah yang memiliki isu kemiskinan yang perlu ditanggulangi dimana sesuai dengan tujuan satu SDGs yaitu tanpa kemiskinan. Peran manajemen komunikasi diperlukan karena pendampingan pemerintah daerah adalah fokus kerja yang tidak mudah. Hal itu didasari pada kinerja dan keputusannya yang dapat mempengaruhi kesejahteraan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran mengenai perencanaan, pengorganisasian, penggerakan atau pengarahan serta pengendalian dari sisi komunikasi sebagai upaya untuk pendampingan pemerintah daerah Kabupaten Cirebon dan Yogyakarta yang dilakukan oleh organisasi non pemerintah. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan konsep dari manajemen komunikasi dan teori informasi organisasi. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi serta menggunakan teknik keabsahan data yang terdiri dari triangulasi, kepastian, memperpanjang pengamatan dan juga kebergantungan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen komunikasi yang dilakukan INFID melibatkan multipihak baik dari pemerintah ataupun organisasi non pemerintah lainnya dan dengan cara kerja SDGs. Dari sisi teori informasi organisasi, INFID dijelaskan sebagai organisasi yang dibentuk dari aktivitas-aktivitas komunikasi dalam setiap tahapan  manajemen komunikasi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 21, 2020
How to Cite
PRATIWI, Salsabila; SRIWARTINI, Yayu. Manajemen Komunikasi Infid Dalam Pendampingan Pemda Kabupaten Cirebon Dan Kota Yogyakarta Mencapai Sustainable Development Goals. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 5, n. 9, p. 941-956, sep. 2020. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/1584>. Date accessed: 28 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i9.1584.