Spiritualitas Pemuda Dan Kesiapannya Menjadi Presbiter Di Gereja Protestan Di Indonesia Bagian Barat (GPIB) Jemaat “Immanuel” Makassar

  • Audy Haryanto Lebang Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia

Abstract

Sejatinya pemuda adalah pilar gereja yang akan melanjutkan misi pelayanan gereja dalam rangka mewujudkan gereja yang misioner. Akan tetapi pada kenyataannya pemuda belum menyadari akan keberadaan dan tanggung jawabnya sebagai pemuda Kristen yang sejati. Hasil Penelitian didapati bahwa tidak adanya keterlibatan pemuda dalam pelayanan presbiter di GPIB Jemaat “Immanuel” Makassar dikarenakan pemuda menganggap dirinya masih terlalu muda dan belum memiliki pengalaman untuk terlibat dalam pelayanan presbiter. Pemuda belum memiliki rasa kepercayaan diri dan masih ada rasa takut serta malu untuk duduk bersama dengan para orang tua dalam lingkup pelayanan presbiter guna bersama-sama membicarakan masa depan gereja. Kesiapan seorang pemuda untuk terlibat dalam pelayanan presbiter tidak terlepas dari kehidupan spiritualitasnya bersama dengan Tuhan dan sesama ciptaan lainnya. Untuk itu sangat dibutuhkan peran dari jemaat serta gereja untuk terus memberikan dukungan dan motivasi kepada pemuda gereja, agar pemuda dapat memiliki jiwa semangat untuk memenuhi tugas dan panggilan gereja.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 20, 2020
How to Cite
LEBANG, Audy Haryanto. Spiritualitas Pemuda Dan Kesiapannya Menjadi Presbiter Di Gereja Protestan Di Indonesia Bagian Barat (GPIB) Jemaat “Immanuel” Makassar. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 5, n. 9, p. 751-774, sep. 2020. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/1585>. Date accessed: 28 oct. 2020. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v5i9.1585.