Studi Meta-Analisis Penerapan Teori Penetrasi Sosial pada Perkembangan Hubungan dalam Pernikahan Berdasarkan Perjodohan Syariat Islam (Ta’aruf)

  • Shavira Hanza Renadia Universitas Indonesia Depok Jawa Barat, Indonesia
  • Filza Alifah Hasny Universitas Indonesia Depok Jawa Barat, Indonesia
  • Irwansyah Irwansyah Universitas Indonesia Depok Jawa Barat, Indonesia

Abstract

Studi meta analisis ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil penelitian dalam membahas teori penetrasi sosial yang telah dilakukan. Artikel ini berfokus pada keterkaitan proses pernikahan ta’aruf dengan tahapan proses perkembangan hubungan dengan penetrasi sosial dan asumsi - asumsi dasar dari teori penetrasi sosial. Perkembangan hubungan akan berjalan dengan sistematis dan dengan komunikasi interpersonal yang baik serta keterbukaan diri hubungan dapat mempengaruhi tingkat stabilitas hubungan. Jurnal ini menjelaskan proses penetrasi sosial telah mempengaruhi pertukaran stabilitas di dalam pernikahan ta’aruf. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan statistik yang mempraktekkannya dalam mengorganisasikan sejumlah informasi yang berasal dari sampel besar yang fungsinya untuk melengkapi maksud-maksud lainnya. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu adanya lapisan atau tahapan serta proses penetrasi sosial yang terjadi selama proses pengenalan sebelum menikah atau yang biasanya disebut Ta'aruf dalam agama Islam

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 21, 2021
How to Cite
RENADIA, Shavira Hanza; HASNY, Filza Alifah; IRWANSYAH, Irwansyah. Studi Meta-Analisis Penerapan Teori Penetrasi Sosial pada Perkembangan Hubungan dalam Pernikahan Berdasarkan Perjodohan Syariat Islam (Ta’aruf). Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 1039-1055, feb. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/1828>. Date accessed: 08 mar. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i2.1828.