Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Jumlah Siswa Di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul

  • Ari Nopriyani Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Indonesia
  • Enung Hasanah Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan jumlah siswa di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan metode studi kasus. Proses pengambilan data dengan observasi, wawanacara, dan dokumentasi. Teknik Pemeriksaan data mengunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Analisis data berupa Reduksi data, display data dan verifikasi data. Dari hasil penelitian diketahui bahwa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin dalam membangun kepercayaan masyarakat tidak lepas dari peran kepemimpinan kepala sekolah yang memiliki beberapa strategi sebagai berikut : 1) penyampaian visi dan misi yang jelas, 2) mendorong guru untuk meningkatkan profesioanalismenya, 3) menciptakan lingkungan yang kondusif, 4) pembelajaran yang ramah siswa, 5) membangun manajemen yang kuat, 6) menciptakan kurikulum yang luas tapi seimbang, 7) penilaian dan pelaporan prestasi siswa yang bermakna, serta 8) pelibatan orang tua dan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 21, 2021
How to Cite
NOPRIYANI, Ari; HASANAH, Enung. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Jumlah Siswa Di SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 582-601, feb. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/2159>. Date accessed: 08 mar. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i2.2159.