Analisis Pengetahuan Masyarakat tentang Perbankan Syariah

  • Dicky Fauzi Firdaus Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan Jawa Barat, Indonesia
  • Tuti Alawiyah Universitas Islam Al-Ihya (UNISA) Kuningan Jawa Barat, Indonesia
Keywords: Knowledge, Society, Islamic Bank

Abstract

Perkembangan dan pertumbuhan bank syariah masih mendapatkan perhatian yang kurang dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan masyarakat tentang perbankan syariah. Yang dimaksud pengetahuan disini adalah tentang pengethauan masyarakat mengenai bank syariah secara umum dan perbedaanya dengan bank konvensional, pengetahuan masyarakat mengenai produk dan jasa bank syariah, juga sumber informarsi tentang bank syariah yang masyarakat dapatkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik untuk mengumpukan data menggunakan survei dan wawancara. Teknik untuk mengambil sampel adalah random sampling, yaitu memberikan hak yang sama kepada setiap subyek untuk mendapatkan kesempatan dipilih sebagai sampel, sampel diambil secara acak. Hasil penilitian menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat tentang bank syariah masih rendah, yaitu pada tingkatan  tahu, dimana masyarakat hanya sekedar tahu mengenai adanya bank syariah tapi tidak mengetahui lebih jauh tentang bank syariah terutama pada produk yang terdapat di bank syariah. Masyarakat menganggap bahwa perbedaan bank syariah dan bank konvensional terletak pada bunga, akan tetapi masyarakat juga belum sepenuhnya meyakini bahwa bank syariah sudah bebas dari riba. Hasil wawancara menunjukkan bahwa rendahnya pengetahuan masyarakat disebabkan tidak adanya sosialisasi dan penawaran produk dari pihak Perkembangan dan pertumbuhan bank syariah masih mendapatkan perhatian yang kurang dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan masyarakat tentang perbankan syariah. Yang dimaksud pengetahuan disini adalah tentang pengethauan masyarakat mengenai bank syariah secara umum dan perbedaanya dengan bank konvensional, pengetahuan masyarakat mengenai produk dan jasa bank syariah, juga sumber informarsi tentang bank Perkembangan dan pertumbuhan bank syariah masih mendapatkan perhatian yang kurang dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan masyarakat tentang perbankan syariah. Yang dimaksud pengetahuan disini adalah tentang pengethauan masyarakat mengenai bank syariah secara umum dan perbedaanya dengan bank konvensional, pengetahuan masyarakat mengenai produk dan jasa bank syariah, juga sumber informarsi tentang bank syariah yang masyarakat dapatkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik untuk mengumpukan data menggunakan survei dan wawancara. Teknik untuk mengambil sampel adalah random sampling, yaitu memberikan hak yang sama kepada setiap subyek untuk mendapatkan kesempatan dipilih sebagai sampel, sampel diambil secara acak. Hasil penilitian menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat tentang bank syariah masih rendah, yaitu pada tingkatan  tahu, dimana masyarakat hanya sekedar tahu mengenai adanya bank syariah tapi tidak mengetahui lebih jauh tentang bank syariah terutama pada produk yang terdapat di bank syariah. Masyarakat menganggap bahwa perbedaan bank syariah dan bank konvensional terletak pada bunga, akan tetapi masyarakat juga belum sepenuhnya meyakini bahwa bank syariah sudah bebas dari riba. Hasil wawancara menunjukkan bahwa rendahnya pengetahuan masyarakat disebabkan tidak adanya sosialisasi dan penawaran produk dari pihak syariah yang masyarakat dapatkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik untuk mengumpukan data menggunakan survei dan wawancara. Teknik untuk mengambil sampel adalah random sampling, yaitu memberikan hak yang sama kepada setiap subyek untuk mendapatkan kesempatan dipilih sebagai sampel, sampel diambil secara acak. Hasil penilitian menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat tentang bank syariah masih rendah, yaitu pada tingkatan  tahu, dimana masyarakat hanya sekedar tahu mengenai adanya bank syariah tapi tidak mengetahui lebih jauh tentang bank syariah terutama pada produk yang terdapat di bank syariah. Masyarakat menganggap bahwa perbedaan bank syariah dan bank konvensional terletak pada bunga, akan tetapi masyarakat juga belum sepenuhnya meyakini bahwa bank syariah sudah bebas dari riba. Hasil wawancara menunjukkan bahwa rendahnya pengetahuan masyarakat disebabkan tidak adanya sosialisasi dan penawaran produk dari pihak bank syariah sendiri, selain itu jarak tempuh atau akses yang jauh juga menjadi salah satu alasan.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-21