Pengaruh Kinerja Lingkungan, Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Kualitas Pengungkapan Lingkungan

  • Kris Money Terry Universitas Negeri Semarang Jawa Tengah, Indonesia
  • Asrori Asrori Universitas Negeri Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja lingkungan, kepemilikan institusional, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap kualitas pengungkapan lingkungan dengan profitabilitas sebagai pemoderasi. Metode analisis data penelitian ini adalah moderated regression analysis (MRA) dengan menggunakan SPSS 21.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2017-2019. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dan diperoleh sebanyak 60unit analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja lingkungan dan kepemilikan institusional berpengaruh terhadap kualitas pengungkapan lingkungan, sedangkan ukuran perusahaan dan leverage tidak berpengaruh terhadap kualitas pengungkapan lingkungan. Hasil uji pengaruh moderating menunjukan bahwa profitabilitas dapat memoderasi hubungan antara kinerja lingkungan dan kepemilikan institusional terhadap kualitas pengungkapan lingkungan, sedangkan profitabilitas tidak memoderasi hubungan antara ukuran perusahaan dan leverage terhadap kualitas pengungkapan lingkungan. Simpulan dari penelitian ini adalah variabel kinerja lingkungan dan kepemilikan institusional berpengaruh positif terhadap kualitas pengungkapan lingkungan dan profitabilitas dapat memoderasi hubungan antara kinerja lingkungan dan kepemilikan institusional terhadap kualitas pengungkapan lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 21, 2021
How to Cite
TERRY, Kris Money; ASRORI, Asrori. Pengaruh Kinerja Lingkungan, Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Kualitas Pengungkapan Lingkungan. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 909-922, feb. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/2169>. Date accessed: 08 mar. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i2.2169.