Efektivitas Pelayanan Pengaduan Di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta Kabupaten Gresik

  • Lulu Syafirah Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur, Indonesia
  • Ertien Rining Nawangsari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur, Indonesia
Keywords: Efektivitas, Pelayanan Pengaduan, Pandemi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelayanan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta Kabupaten Gresik. Penelitian ini dilakukan di PDAM Giri Tirta Kabupaten Gresik. Ketersediaan air sangatlah diperlukan selain untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat, air sangatlah dibutuhkan ketersediaannya pada masa pandemi yang terjadi di Indonesia saat ini. Di masa pandemi seperti sekarang ketersediaan air sangat penting sesuai dengan anjuran pemerintah berdasarkan protokol kesehatan yang menjelaskan bahwa untuk mencegah penyebaran virus maka seluruh masyarakat dianjurkan untuk sering mencuci tangan sebagai salah satu langkah pemutus mata rantai penyebaran virus, dengan hal itu maka, sebagai pelayanan publik PDAM Giri Tirta Kabupaten Gresik di tuntut untuk terus memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Dalam penelitian ini, peneliti akan menjelaskan efektivitas kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan kepelangganan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti akan mencari data yang berhubungan dengan penelitian, adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan 3 cara yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil wawancara dikelompokan untuk di analisis menggunakan teori dari Sondang P Siagian, terdapat 4 indikator diantaranya yaitu, ukuran waktu, ukuran harga, ukuran nilai-nilai sosial dan budaya, dan ukuran ketelitian. Pembahasan penelitian dengan hasil wawancara dan dihubungkan dengan temuan-temuan konsep yang berkaitan dengan penelitian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-21