Perspektif Sosiokultural dalam Dunia Pendidikan: Studi Kasus pada Proses Pembelajaran “Second Language” dan Pembentukan Motivasi Diri Mahasiswa Pendatang

  • Nauvaliana Ashri Universitas Indonesia Depok Jawa Barat, Indonesia
  • Hans Karunia H Universitas Indonesia Depok Jawa Barat, Indonesia
  • Irwansyah Irwansyah Universitas Indonesia Depok Jawa Barat, Indonesia

Abstract

Teori Sosiokultur merupakan sebuah teori yang menekankan adanya interaksi antar manusia didalam suatu budaya. Dalam hal ini, interaksi yang dimaksud adalah adanya kesesuaian-kesesuaian yang berkesinambungan mengenai sebuah peran, aturan, serta nilai budaya. Kesesuaian ini tidak hanya terbatas pada konteks interaksi saja namun mencakup hal lainnya, salah satunya adalah konteks pendidikan. Akan dijelaskan bagaimana peranan teori sosiokultural di dalam lingkup pendidikan. Pada jurnal ini juga akan dibahas mengenai bagaimana fenomena mahasiswa pendatang yang baru saja hadir ke dalam sebuah lingkungan baru, meskipun terdapat perbedaan kondisi sosiokultural namun tidak mempengaruhi pembentukan motivasi diri seseorang untuk melanjutkan pendidikannya. Terdapat faktor yang membuat mahasiswa pendatang memiliki motivasi yang besar, salah satunya adalah dengan adanya self-determination yang ikut berperan dalam penyesuaian serta menjaga semangat mahasiswa untuk terus belajar. Sedangkan pada fenomena mempelajari bahasa baru (second language), akan dibahas bagaimana latar belakang budaya, pola komunikasi, serta interaksi akan memiliki peran besar terhadap proses pembelajaran second language tersebut. Perspektif sosiokultural akan muncul dan digambarkan melalui dampak dari adanya second language dan berpengaruh langsung kepada konteks sosial. Proses pembahasan melalui metode literature review, melalui jurnal yang diambil dan sesuai dengan konteks pembahasan jurnal. Melalui penggambaran serta proses review, maka jurnal ini mencoba menjelaskan bahwa teori sosiokultural tidak hanya fokus pada kesesuaian yang berkesinambungan, namun juga memiliki peran untuk menciptakan sebuah hubungan dan pengaruh yang terjadi dalam suatu struktur sosial, salah satunya dalam konteks pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 21, 2021
How to Cite
ASHRI, Nauvaliana; H, Hans Karunia; IRWANSYAH, Irwansyah. Perspektif Sosiokultural dalam Dunia Pendidikan: Studi Kasus pada Proses Pembelajaran “Second Language” dan Pembentukan Motivasi Diri Mahasiswa Pendatang. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 994-1000, feb. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/2182>. Date accessed: 04 mar. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i2.2182.