Perkembangan Penerapan Uncertainty Reduction Theory dalam Interaksi Tatap Muka dan Interaksi dalam Jaringan (Online)

  • Kinanthi Fatwasuci Universitas Indonesia Depok Jawa Barat, Indonesia
  • Irwansyah Irwansyah Universitas Indonesia Depok Jawa Barat, Indonesia

Abstract

Uncertainty reduction theory (URT) merupakan teori yang menjelaskan bagaimana hubungan awal tatap muka antara dua individu yang baru mengenal. Seiring dengan berkembangnya waktu URT tidak hanya dimanfaatkan dalam situasi tatap muka saja, tetapi dalam situasi online atau dalam jaringan. Strategi pencarian informasi untuk mengurangi ketidakpastian yang dilakukan oleh dua individu yang baru saling bertemu, juga dapat disesuaikan konteksnya dengan kasus-kasus kontemporer melalui situasi berbasis jaringan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan penerapan uncertainty reduction theory dalam interkasi tatap muka dan daring. Metode penelitian yang digunakan bersifat kualitatif. Peneliti mengkaji tiga jurnal yang mewakili penerapan URT sebagai teori untuk mengidentifikasi pengurangan ketidakpastian dalam interaksi tatap muka dan mengidentifikasi bagaimana URT digunakan dalam kasus interaksi online. Hasil yang ditemukan bahwa URT dalam hal ini juga dapat dikaitkan dengan kasus kontemporer untuk diterapkan dalam situasi berbasis jaringan atau online. Meskipun demikian, URT tetap tidak kehilangan hakikatnya dalam kehidupan interaksi tatap muka karena pemanfaatan teori ini sebagai acuan pengurangan ketidakpastian untuk interaksi langsung masih digunakan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 21, 2021
How to Cite
FATWASUCI, Kinanthi; IRWANSYAH, Irwansyah. Perkembangan Penerapan Uncertainty Reduction Theory dalam Interaksi Tatap Muka dan Interaksi dalam Jaringan (Online). Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 898-908, feb. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/2191>. Date accessed: 04 mar. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i2.2191.