Pengaruh Tingkat Pengangguran, Tingkat Pendidikan dan Laju Pertumbuhan Penduduk Terhadap Tingkat Kemiskinan Penduduk Provinsi Jawa Barat Tahun 2015-2020

  • Kartika Berliani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Membangun (STIE INABA) Bandung Jawa Barat, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh tingkat pengangguran, tingkat pendidikan dan laju pertumbuhan penduduk terhadap tingkat kemiskinan di Provinsi Jawa Barat Tahun 2015-2020. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif, dengan metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan data time series selama 6 tahun yaitu tahun 2015-2020 dari total keseluruhan Provinsi Jawa Barat, sumber data berupa data-data sekunder yang diambil dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat dianalisa  melalui  uji  asumsi  klasik,  uji  hipotesis,  uji  regresi  linear  berganda,  dan koefisien  determinasi  menggunakan  aplikasi  SPSS. Berdasarkan hasil perhitungan baik secara parsial dan simultan tingkat pengangguran, tingkat pendidikan dan laju pertumbuhan penduduk berpengaruh terhadap tingkat kemiskinan penduduk Provinsi Jawa Barat Tahun 2015-2020, dengan koefisien determinasi sebesar 0,999 artinya bahwa 99,9% variabel kemisikinan dapat dipengaruhi dari tingkat pengangguran, tingkat pendidikan dan laju pertumbuhan penduduk, sedangkan sisanya sebesar 0,1 % dapat  dijelaskan  oleh variabel lain dimana tidak diteliti oleh peneliti dalam penelitian ini. Saran yang harus dilakukan pemerintah adalah dengan memperhatikan peningkatan kualitas SDM, dengan cara membuat pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan pendidikan dan keterampilan tenaga kerja agar bisa bersaing dalam memperoleh pekerjaan sehingga tidak terjerat dalam kemiskinanserta menekan laju pertumbuhan penduduk misalnya dengan cara mengerakkan kembali program transmigrasi, pemerataan lapangan kerja, memberlakukan tariff tinggi bagi para imigran dan sebagainya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 21, 2021
How to Cite
BERLIANI, Kartika. Pengaruh Tingkat Pengangguran, Tingkat Pendidikan dan Laju Pertumbuhan Penduduk Terhadap Tingkat Kemiskinan Penduduk Provinsi Jawa Barat Tahun 2015-2020. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 887-897, feb. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/2244>. Date accessed: 08 mar. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i2.2244.