Analisis Pendidikan Karakter yang Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Di SMP IT Tazkia Insani Majalengka

  • Ujang Permana Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) YPIB Majalengka, Indonesia

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pelaksanaan, penilaian serta hambatan dan solusi yang dilakukan dalam pelaksanaan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Pancasila di SMPIT Tazkia Insani Majalengka. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan study kasus untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter yang berbasis nilai-nilai Pancasila di SMPIT Tazkia Insani Majalengka. Hasil penelitian antara lain; (1) Perencanaan pembelajaran yang dibuat guru telah sesuai dengan prinsip perencanaan dalam Kurikulum 2013 yang memuat KI, KD, Indikator, karakter yang hendak dicapai, tujuan umum pembelajaran, media, sumber dan pendekatan atau metode pendukung pembelajaran, scenario pembelajaran serta authentic assessment; (2) Pelaksanaan penanaman nilai-nilai karakter di SMPIT Tazkia Insani Majalengka sesuai dengan nilai-nilai Pancasila telah direncanakan dalam RPP; (3) Penilaian pembelajaran yang dilakukan guru dengan menilai sikap melalui skala sikap dan aspek ketrampilan (psikomotorik); (4) Solusi yang dilakukan dalam mengatasi hambatan yang berasal dari guru dengan keikutsertaan guru dalam Diklat Kurikulum 2013, keikutsertaan dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), pendampingan pemanfaatan IT dalam pembelajaran, untuk hambatan dari siswa dilakukan dengan pendekatan psikologis melalui pembiasaan, keteladanan, keaktifan dalam kegiatan ekstrakurikuler, pemberian reward dan punishment, untuk hambatan kurangnya jam tatap muka dengan bekerja sama dengan guru mapel lain dalam penajaman nilai-nilai karakter. Penelitian ini diharapkan menjadi sumbangan pemikiran bagi pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan mengenai pelaksanaan pendidikan karakter yang berbasis nilai-nilai Pancasila di SMP.


Penelitian ini diharapkan menjadi sumbangan pemikiran bagi pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan mengenai  pelaksanaan pendidikan karakter yang berbasis nilai-nilai Pancasila di SMP.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 20, 2021
How to Cite
PERMANA, Ujang. Analisis Pendidikan Karakter yang Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Di SMP IT Tazkia Insani Majalengka. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 1486-1493, mar. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/2335>. Date accessed: 12 apr. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i3.2335.