Analisis Pemahaman Guru terhadap Capaian Standar Pembiayaan Di Tingkat SMP/MTs Di Kabupaten Bandung

  • Muhamad Ihsan Hasanudin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Chaerul Rochman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Ida Farida Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Hasan Basri Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Mohamad Erihadiana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan salah satunya berkaitan dengan pemenuhan standar pembiayaan. Pembiayaan dalam pendidikan menjadi sangat penting disebabkan berkaitan dengan sarana prasarana, pengembangan sumberdaya manusia dan komponen pendidikan lainnya. Selain itu, Pemahaman guru terhadap standar pembiayaan menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam pencapaian standar pembiayaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian standar pembiyaan sekolah tingkat SMP/MTs melalui pemahaman guru PAI dan non-PAI terhadap indikator Standar Pembiayaan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, data yang diperoleh menggunakan teknik observasi, angket dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik sederhana, dan triangulasi terhadap indikator dengan skor terendah. Sampel yang digunakan berjumlah 5 guru PAI dan 5 guru non-PAI di tingkat SMP/MTs. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase pemahaman guru PAI 86% lebih besar dari persentase pemahaman guru non PAI sebesar 85%. Berdasarkan triangulasi terhadap indikator terendah, bahwa permasalahan standar pembiayaan meliputi adanya kesenjangan antara perencanan dan realisasi anggaran yang disebabkan keterbatasan dana, dan kurangnya keterlibatan guru dalam perencanaan dana investasi sarana dan prasarana.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 20, 2021
How to Cite
HASANUDIN, Muhamad Ihsan et al. Analisis Pemahaman Guru terhadap Capaian Standar Pembiayaan Di Tingkat SMP/MTs Di Kabupaten Bandung. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 6, n. 3, p. 1306-1315, mar. 2021. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/2380>. Date accessed: 11 apr. 2021. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i3.2380.