PENGARUH KECENDERUNGAN OTAK KANAN, LINGKUNGAN KELUARGA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kecenderungan otak kanan, lingkungan keluarga, motivasi belajar dan prestasi belajar matematika (2) pengaruh kecenderungan otak kanan lingkungan keluarga, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika (3) hubungan kausal baik langsung maupun tidak langsung antara kecenderungan otak kanan, lingkungan keluarga, motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat survei. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MI se-kabupaten Kuningan. Sampel 10 sekolah dipilih dengan menggunakan stratified proportional random sampling dengan jumlah siswa sebanyak 400 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kecenderungan otak kanan siswa berada pada kategori rendah, lingkungan keluarga berada pada kategori tinggi, motivasi belajar berada pada kategori tinggi dan prestasi belajar matemtika berada pada kategori sedang. (2) kecenderungan otak kanan, lingkungan keluarga, dan motivasi belajar secara bersama-sama memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika dengan sumbangan sebesar 16,3%. (3) Kecenderungan otak kanan mempunyai pengaruh langsung terhadap motivasi belajar matematika sebesar -0,01 dan mempunyai pengaruh langsung terhadap prestasi belajar sebesar -0,08 sedangkan total pengaruh tidak langsung sebesar 0,0008. Lingkungan keluarga mempunyai pengaruh langsung terhadap motivasi belajar matematika sebesar 0,59 dan mempunyai pengaruh langsung terhadap prestasi belajar sebesar 0,1 sedangkan total pengaruh tidak langsung sebesar 0,059. Motivasi belajar mempunyai pengaruh langsung terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,07.
Kata Kunci: Kecenderungan otak kanan, Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Matematika