HUBUNGAN ANTARA KOMITMEN ORGANISASI, KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI AKADEMI MARITIM CIREBONHUBUNGAN ANTARA KOMITMEN ORGANISASI, KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI AKADEM

  • Fredy Siagian
  • Retina Sri Sedjati
  • Abdul Aziz

Abstract

Hasil survei peneliti melalui wawancara dengan Direktur menunjukkan bahwa indikator kinerja pegawai yang masih belum memenuhi harapan terutama pada aspek kualitas kerja (prestasi kerja), komitmen komunikasi dan kompetensi. Berdasarkan permasalahan tersebut, upaya peningkatan kinerja pegawai perlu dicapai agar memberikan kontribusi positif terhadap kinerja Akademi Maritim Cirebon. Kinerja pegawai akan semakin meningkat, apabila didukung faktor Komitmen Organisasi, Komunikasi Interpersonal dan Kompetensi Pegawai. Adapun metode terpilih adalah metode survei dengan pendekatan deskriptif analisis. Variabel independen pada penelitian ini yaitu komitmen organisasi, komunikasi interpersonal dan kompetensi pegawai variabel dependen yaitu kinerja pegawai. Populasi terpilih tidak lain adalah segenap pegawai Akademi Maritim Cirebon sebanyak 102 responden. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner, dengan metode analisis data yaitu uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda. Guna memuluskan tiap tahapan proses analisis peneliti menggunakan SPSS for Windows versi 20. Penelitian ini menghasilkan keterpengaruhan ketiga variabel independen terhadap variabel dependen. Hal ini ditunjukan dari hasil thitung dari semua variabel lebih besar dari ttabel 1,984 dan ini terdapat dampak yang cukup baik antara variabel X1 terhadap variabel Y sebesar 3,385, variabel X2 terhadap variabel Y sebesar 11,261 dan variabel X3 terhadap variabel Y sebesar 4,684 dengan tingkat signifikansi ? = 5% (p < 0,05). Dan berdasarkan nilai dapat diketahui bahwa variabel yang sangat berpengaruh dominan pada Kinerja Pegawai adalah pada variabel X2 dengan nilai yang lebih besar dibandingkan variabel yang lain dengan nilai signifikansi 0,00 ? 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 28, 2018
How to Cite
SIAGIAN, Fredy; SEDJATI, Retina Sri; AZIZ, Abdul. HUBUNGAN ANTARA KOMITMEN ORGANISASI, KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI AKADEMI MARITIM CIREBONHUBUNGAN ANTARA KOMITMEN ORGANISASI, KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI AKADEM. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 35-46, feb. 2018. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/316>. Date accessed: 11 dec. 2019.