CITRA MEREK DAN PERSEPSIAN KUALITAS BERDAMPAK TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN KEMBALI KE OBYEK WISATA BATURADEN DI JAWA TENGAH

  • Ria Adriyani
  • Fahmi Maulana
  • Yanuar Barlianto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dampak citra merek dan persepsian
kualitas terhadap kepuasan wisatawan untuk berkunjung kembali ke Baturaden.
Sampel dalam penelitian ini, yaitu 100 wisatawan lokal yang dipilih menggunakan teknik
accidental sampling. Sementara itu, analisis penelitian menggunakan model
persamaan Structural Equation Modelling (SEM).dengan memanfaatkan program
AMOS 16. Hasil analisis menunjukkan bahwa model penelitian memenuhi kriteria
goodness of fit karena enam kriteria tergolong kategori baik, kecuali GFI dan
AGFI. Sementara itu, hasil uji hipotesis pun menunjukkan: (1) citra merek
berpengaruh positif terhadap kepuasan wisatawan, (2) citra merek berpengaruh
positif terhadap niat wisatawan untuk berkunjung kembali ke Baturaden, (3)
persepsian kualitas yang dirasakan berpengaruh positif terhadap kepuasan
wisatawan, (4) persepsian kualitas yang dirasakan berpengaruh positif terhadap
niat wisatawan berkunjung kembali ke Baturaden, (5) kepuasan berpengaruh
positif terhadap niat wisatawan berkunjung kembali, dan (6) kepuasan memediasi
parsial hubungan antara citra merek dan persepsian kualitas yang dirasakan
terhadap niat wisatawan untuk berkunjung kembali. Berdasarkan temuan
penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa citra merek dan persepsian
kualitas yang dirasakan wisatawan membuat mereka puas dan ingin berkunjung
kembali ke Baturraden.
Kata Kunci : Citra Merek, Persepsian Kualitas, Kepuasan Dan Niat Berkunjung Kembali.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-31