Pengaruh Persediaan Terhadap ROI Melalui Penjualan Studi Kasus di Koperasi Karyawan PDAM Kabupaten Indramayu “Tirta Ayu”

  • Nunung Nurhayati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Persediaan Terhadap ROI Melalui Penjualan . Penelitian ini dilaksanakan pada Koperasi Karyawan PDAM Kabupaten Indramayu “Tirta Ayu”. Data diperoleh dari laporan keuangan dalam bentuk neraca dan laporan laba rugi dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2018. Penelitian ini menggunakan uji normalitas dan menggunakan teknik analisis data yaitu analisis korelasi tunggal, analisis jalur, dan analisis koefisien determinasi. Berdasarkan dari hasil perhitungan uji normalitas mulai dari variabel X1 (Persediaan), variabel X2 (Penjualan), dan variabel Y (ROI) semua distribusi data normal. Berdasarkan hasil analisis korelasi tunggal diperoleh hasil koefisien korelasi (r) pada variabel Persediaan (X1) terhadap variabel Penjualan (X2) sebesar 0,29 yang berarti mempunyai hubungan koefisien korelasi yang rendah dan bersifat positif. Analisis korelasi tunggal pada variabel Penjualan (X2) terhadap ROI (Y) sebesar 0,43 yang berarti mempunyai hubungan koefisien korelasi yang sedang dan bersifat positif. Dari analisis jalur yang diperoleh Pengaruh persediaan terhadap ROI melalui penjualan adalah sebesar -0,71, termasuk dalam kategori kuat dan negatif (berlawanan arah). Nilai koefisien determinasi variabel X1 terhadap X2 diperoleh hasil sebesar 8,41%. Artinya distribusi yang diberikan persediaan terhadap penjualan sebesar 8,41% sedangkan sisanya 91,59% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Koefisien determinasi variabel X2 terhadap Y diperoleh hasil sebesar18,49%. Artinya kontribusi yang diberikan penjualan terhadap ROI sebesar 18,49% sedangkan sisanya 81,51% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti.


 Kata Kunci: Persediaan, Penjualan, dan ROI.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 21, 2019
How to Cite
NURHAYATI, Nunung. Pengaruh Persediaan Terhadap ROI Melalui Penjualan Studi Kasus di Koperasi Karyawan PDAM Kabupaten Indramayu “Tirta Ayu”. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 4, n. 7, p. 75-88, july 2019. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/649>. Date accessed: 24 aug. 2019.