Pesan Pemasaran Senjata Untuk Membangun Digital Marketing

  • Sri dewi Setiawati
  • Diny Fitriawati
  • Maya Retnasary
  • Intan Rachma Yelifa

Abstract

Abstrak
Era digital saat ini memiliki pengaruh yang besar di berbagai aspek, termasuk
dalam komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran di era digital tentunya
memiliki strategi yang lebih memfokuskan pada pesan pemasaran. Pesan memiliki
peran yang penting dalam mempengaruhi konsumen untuk dapat berinterkasi
dengan produk. Permasalahannya mayoritas pelaku UMKM belum menyadari
pentingnya membangun strategi pesan pemasaran, terutama di era digital.
Banyaknya masalah yang harus dihadapi oleh pelaku UMKM, membaut
permasalahan dalam mengasah kemapuan menyusun pesan pemasaran semakin
terpinggirkan. Pelaku UMKMM mayoritas menekankan permasalahan pada
permodalan dan pemasaran, tanpa membangun strateginya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana perumusan pesan pemasaran, struktur
pesan pemasaran dan penyesuaian pesan pemasaran dengan media dan sasaran
penerimanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
studi kasus. Studi ini berfokus pada meneliti dan menggali fenomena unik dalam
konteks kehidupan nyata, bilamana batas-batas antara fenomena dan konteks tak
tampak dengan tegas, dan dimana multi sumber bukti dimanfaatkan. Paradigma
yang digunakan adalah konstruktivis ditunjang dengan teori logika pesan. Hasil
penelitian ini adalah terdapat komponen ide, proses dan bentuk pesan yang efektif
dalam perumusan pesan pemasaran. Struktur pesan yang terdapat dalam pesan
pemasaran Brodo terdiri dari captions, format pesan, dan sifat pesan.
Kata Kunci : Pesan Pemasaran, Strategi, Digital Marketing

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-22