Evaluasi Formasi dan Perhitungan Volume Hidrokarbon Pada Formasi Talang Akar, Lapangan S, Cekungan Sumatera Selatan

  • Warto Utomo
  • Arief Rahman
  • Mochamad Hisam Adiwilaga

Abstract

Penelitian telah dilakukan di Lapangan S, Cekungan Sumatera Selatan dengan
target evaluasi di Formasi Talang Akar. Formasi Talang Akar merupakan
reservoar utama di Cekungan Sumatera Selatan. Evaluasi formasi diperlukan
untuk mengetahui kualitas, kuantitas dan potensi reservoar di Formasi Talang
Akar. Evaluasi dilakukan melalui analisis petrofisika untuk mendapatkan
parameter-parameter, yaitu volume shale, porositas dan saturasi air. Tujuan dari
penelitian ini untuk mendapatkan parameter-parameter petrofisika berdasarkan
data wireline logging dari sumur di daerah penelitian. Parameter-parameter
tersebut digunakan untuk identifikasi zona produktif/potensial di Formasi Talang
Akar, pada Lapangan S dengan menghitung volume hidrokarbon. Perangkat lunak
yang digunakan adalah Interactive Petrophsycs v3. 6 (IP v3.6). Hasil penelitian ini
adalah, Formasi Talang Akar di daerah penelitian terdapat 12 zona/lapisan
reservoar, berturut-turut dari bawah ke atas sebagai berikut I2, I1, H, G, F, E, D,
C, B1, B, A1, A. Evaluasi formasi di daerah penelitian menghasilkan parameterparameter petrofisika pada masing-masing zona di Formasi Talang Akar.
Parameter tersebut digunakan untuk menghitung volume hidrokarbon (STOIIP)
masing-masing zona. Nilai STOIIP terbesar dari zona B1, yang merupakan zona
yang paling produktif/potensial di Formasi Talang Akar, kedua terbaik zona I1
dilanjutkan dengan I2.
Kata kunci: Evaluasi Formasi, Porositas, Saturasi Air, Volume Hidrokarbon

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 22, 2019
How to Cite
UTOMO, Warto; RAHMAN, Arief; ADIWILAGA, Mochamad Hisam. Evaluasi Formasi dan Perhitungan Volume Hidrokarbon Pada Formasi Talang Akar, Lapangan S, Cekungan Sumatera Selatan. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 4, n. 7, p. 152-160, july 2019. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/655>. Date accessed: 24 aug. 2019.