Hubungan Antara Peranan Guru PAI Dalam Prestasi Belajar Dengan Prilaku Siswa di SMK Muhammadiyah Kandanghaur Kabupaten Indramayu

  • A. Basyuni
  • Castam Castam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan antara peran guru Pendidikan Agama Islam dalam prestasi belajar siswa dengan pembinaan akhlak siswa di SMK Muhammadiyah Kandanghaur  Kabupaten Indramayu. Guru Pendidikan Agama Islam, adalah sosok yang memiliki tanggungjawab secara langsung pada pembinaan anak melalui proses pembelajaran di dalam kelas, sehingga akan memberikan andil besar pada proses pembinaan akhlak siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan angket, sehingga data yang terkumpul secara terpadu dapat saling melengkapi. Dan teknik analisa data diolah secara statistik, dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut : Prestasi Belajar siswa secara tidak langsung cukup berpengaruh terhadap akhlaq siswa. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, besarnya pengaruh prestasi belajar siswa terhadap akhlaq siswa ditentukan dengan koefesien diterminasi yaitu sebesar 0,89 atau 89%. Ini berarti 89% hasil akhlaq siswa dipengaruhi oleh penguasaan siswa dalam menangkap materi pelajaran di sekolah. Sedangkan 11% lainnya dipengaruhi faktor-faktor yang lain, apabila hasil penelitian tersebut dihubungkan kembali dengan landasan teori, yaitu bahwa sangat diperlukan pemahaman yang sama, yakni siswa dalam belajar akan berimbas kepada tingkah lakunya sehari-hari di sekolah.


Kata kunci: peranan guru, prestasi belajar, prilaku siswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 19, 2019
How to Cite
BASYUNI, A.; CASTAM, Castam. Hubungan Antara Peranan Guru PAI Dalam Prestasi Belajar Dengan Prilaku Siswa di SMK Muhammadiyah Kandanghaur Kabupaten Indramayu. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 4, n. 8, p. 1-21, aug. 2019. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/672>. Date accessed: 17 sep. 2019.