Hubungan Pendidikan Agama Dalam Keluarga Dengan Prestasi Siswa Dalam Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Kandanghaur Kabupaten Indramayu

  • Sugiarti Sugiarti
  • Nuripah Nuripah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keadaan pendidikan agama dalam lingkungan keluarga siswa SMP Negeri 2 Kandanghaur Kabupaten Indramayu, mengetahui prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2  Kandanghaur Kabupaten Indramayu dan mengetahui hubungan kehidupan beragama dalam lingkungan keluarga siswa dengan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian kali ini yakni dengan metode empirik dan teoritik dimana dalam pelaksanaannya melakukan penelitian terhadap hubungan pendidikan agama dalam keluarga dengan prestasi belajar siswa bidang studi PAI. Strategi/Metode/Teknik menggunakan observasi-wawancara-angket. Hasil penelitian menunjukkan kehidupan beragama dalam lingkungan keluarga siswa termasuk dalam kategori sedang, yaitu sebesar 38,29%. Dengan indikasi adanya peran orang tua di dalarn keluarga dan aktivitas yang dilakukan anak menjalankan pengamalan syari’at Islam di dalam kehidupan sehari-hari. Prestasi belajar yang dimiliki siswa dala mata pelajaran PAI tergolong ke kelas tinggi atau sangat baik, yakni sebesar 39,05%. Indikasinya adalah kesiapan dan keberhasilan di dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam di sekolah, disamping peran guru di dalam melakukan proses pembelajaran.
 
Kata kunci: Pendidikan Agama, keluarga, prestasi belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 20, 2019
How to Cite
SUGIARTI, Sugiarti; NURIPAH, Nuripah. Hubungan Pendidikan Agama Dalam Keluarga Dengan Prestasi Siswa Dalam Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Kandanghaur Kabupaten Indramayu. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 4, n. 8, p. 108-117, aug. 2019. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/682>. Date accessed: 17 sep. 2019.