Hubungan Dukungan Belajar Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Ujunggebang I Sukra Indramayu

  • Suryawan Bagus Handoko
  • Hadi Setiawan

Abstract

Penelitian  ini  untuk  mengetahui  ada  tidaknya  hubungan  pelaksanaan dukungan belajar PAI orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran PAI di SDN Ujunggebang I Sukra Indramayu. Penelitian  ini  adalah  penelitian  lapangan  dengan  pendekatan  kuantitatif. Subyek penelitian ini diambil dari 60 responden terdiri dari kelas I, II, III,  IV,  V  dan  VI  dengan menggunakan  teknik  stratified  sampling. Pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini adalah dengan menyebarkan intrumen  angket  untuk mencari data dukungan belajar PAI orang tua (X) dan menggunakan hasil nilai ujian  semester  untuk  data  prestasi  belajar  PAI  (Y).  Adapun  metode  analisi  data yang digunakan adalah teknik analisis regresi. Hasil pengujian hipotesis penelitian  menunjukkan  dengan  taraf signifikansi  5%  dk  pembilang  1  dan  dk  penyebut  =  N–2=58 diperoleh F tabel sebesar 4,01 sedang Freg sebesar 5,0484164. Jika dibandingkan keduanya  Freg > Ftabel. Sedangkan sumbangan (X) terhadap (Y)  sebesar 0,08 (8%) dengan persamaan garis regresinya yaitu, Ŷ =47,7373755 + 0,53767865 X. Berdasarkan  hasil  pengujian  hipotesis  variabel  dukungan  belajar  PAI orang tua dan variabel prestasi belajar PAI siswa di  SDN Ujunggebang I Sukra Indramayu  pada taraf signifikansi 0,05 keduanya menunjukan signifikan, berarti variabel   dukungan  belajar  PAI   orang  tua  berhubungan  positif  dan  signifikan terhadap prestasi belajar PAI di SDN Ujunggebang I Sukra Indramayu. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan dan bahan  informasi  bagi  khasanah  ilmu  pengetahuan  dan  civitas  akademika  dan semua  pihak  yang  membutuhkan  dilingkungan  SDN  Ujunggebang  I  Sukra Indramayu,  dan  juga  bagi  orang  tua  agar  senantiasa  memberikan  perhatian  dan bimbingan  kepada  peserta  didik  sehingga  peserta  didik  dapat  meningkatkan prestasi belajarnya khususnya dalam mata pelajaran PAI.
 
Kata kunci : dukungan orang tua, prestasi belajar dan pendidkan agama Islam

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 20, 2019
How to Cite
HANDOKO, Suryawan Bagus; SETIAWAN, Hadi. Hubungan Dukungan Belajar Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Ujunggebang I Sukra Indramayu. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 4, n. 8, p. 125-142, aug. 2019. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/684>. Date accessed: 17 sep. 2019.