Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Melalui Pembelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ) Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darussalam Suka Slamet Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu

  • Waryani Waryani
  • Kosiin Aziz

Abstract

Tujuan penelitian terhadap upaya meningkatkan prestasi belajar al-qur’an hadist ini yaitu untuk mengetahui implementasi pembelajaran BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) di MI Darusalam Sukaslamet. Tujuan kedua adalah untuk mengetahui hasil atau respon siswa terhadap prestasi siswa kelas VI pada pelajaran Al-Qur’an Hadits melalui pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an (BTQ)  di MI Darussalam Sukaslamet dan tujuan yang terakhir untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya meningkatkan prestasi Al-Qur’an Hadits melalui  pembelajaran BTQ (Baca Tulis AlQur’an) siswa kelas VI di MI Darussalam Sukaslamet? Dalam penelitian terhadap upaya meningkatkan prestasi belajar al-quran hadist ini menggunakan metode analisis deskriptif, yang menurut Moh. Nazir, Ph.D. adalah “Suatu metode dalam meneliti status kelompok manusia, suatu obyek, suatu set kondisi, suatu system pemikiran maupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Penulis juga,menerapkan riset lapangan dalam pengumpulan data tersebut dengan menggunakan metode kualitatif. Hal ini menyatakan bahwa pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dapat membantu siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama islam.
 
Kata kunci : prestasi belajar, baca tulis qur’an

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 20, 2019
How to Cite
WARYANI, Waryani; AZIZ, Kosiin. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Melalui Pembelajaran Baca Tulis Qur’an (BTQ) Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darussalam Suka Slamet Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 4, n. 8, p. 170-186, aug. 2019. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/688>. Date accessed: 17 sep. 2019.