KAJIAN AKTIVITAS ANTIMIKROBA MONOASILGLISEROL (MAG) DAN MONO-DIASILGLISEROL (MDAG) DARI MINYAK KELAPA DAN MINYAK INTI SAWIT

  • Indriana Satya Mintarti
  • Slamet Hadi Kusumah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi aktivitas antimikroba MAG dan MDAG dari minyak kelapa (CNO) dan minyak inti sawit (PKO) terhadap bakteri patogen. Bakteri yang digunakan untuk mengevaluasi aktivitas antimikroba adalah Salmonella typhimurium, Escherichia coli, Staphylococcus aureus,  dan  Bacillus cereus. Penelitian ini juga mencakup evaluasi aktivitas antimikroba MDAG-CNO terhadap  E. coli pada berbagai pH yang berbeda dan kombinasinya dengan EDTA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MAG, MDAG-CNO dan MDAG-PKO lebih potensial menghambat pertumbuhan bakteri Gram positif daripada terhadap bakteri Gram negatif. Aktivitas antimikroba MAG lebih potensial daripada MDAG. Peningkatan konsentrasi MAG dan MDAG sampai 200 mg/ml meningkatkan aktivitas antimikroba terhadap  B. cereus dan S.  aureus. Tetapi, peningkatan konsentrasi di atas 200 mg/ml tidak meningkatkan zona hambat, bahkan menurunkan zona hambat. Zona hambat pada S.  typhimurium  dapat  diamati sampai konsentrasi 100 mg/ml untuk MDAG dan 200 mg/ml untuk MAG. Di atas konsentrasi tersebut, tidak ada penghambatan yang teramati. Tidak ada penghambatan pada  E. coli pada semua konsentrasi MAG dan MDAG yang digunakan yaitu antara 12.5 - 400 mg/ml. Penurunan zona hambat seiring dengan peningkatan konsentrasi MAG dan MDAG mungkin terjadi karena kemampuan difusi pada media agar yang rendah pada konsentrasi tinggi. Penelitian lebih lanjut pada MDAG-CNO menunjukkan bahwa minimum  inhibitory  concentration  (MIC) dari MDAG-CNO untuk  B. cereus dan S.  aureus  adalah  17.5  mg/ml.  Aktivitas antimikroba MDAG-CNO terhadap E. coli meningkat dengan menurunnya pH dan penambahan EDTA. Pada pH 3 dan konsentrasi MDAG 400 mg/ml, E. coli dapat diinaktivasi. Dengan penambahan EDTA, konsentrasi MDAG yang sama dapat menginaktivasi E. coli pada pH 4.


 


Kata kunci: MAG, MDAG, CNO, PKO, aktivitas antimikroba

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Feb 24, 2017
How to Cite
MINTARTI, Indriana Satya; KUSUMAH, Slamet Hadi. KAJIAN AKTIVITAS ANTIMIKROBA MONOASILGLISEROL (MAG) DAN MONO-DIASILGLISEROL (MDAG) DARI MINYAK KELAPA DAN MINYAK INTI SAWIT. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 65-76, feb. 2017. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/69>. Date accessed: 06 mar. 2021.