Pengaruh Pengawas dan Direksi Wanita Terhadap Risiko Bank Dengan Kekuasaan CEO Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Bank Umum Indonesia)

  • Lilik Rohmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengisi gap empiris dengan menjelasan pengaruh kekuasaan CEO terhadap hubungan antara persentase pengawas dan direksi wanita dengan risiko bank. CEO merupakan individu yang paling berpengaruh terhadap pengambilan keputusan perusahaan, sehingga pengaruh dari kekuasaan CEO akan lebih terlihat jelas dalam output perbankan. Sampel Penelitian ini adalah seluruh Bank Umum di Indonesia pada periode 2012-2017 yang tedaftar di Bursa Efek Indonesia. Risiko Bank dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan nilai z-score. Pengawas dan direksi wanita diukur dengan menggunakan persentase komisaris dan direktur wanita dibandingkan dengan jumlah komisaris total. Kekuasaan CEO diukur dengan dua proksi yaitu kepemilikan saham CEO dan CEO tenure. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi dengan total observasi Bank Umum sebanyak 158 selama periode 5 tahun. Berdasarkan hasil penelitian ini persentase, pengawas dan direksi wanita berpengaruh signifikan untuk mengurangi risiko bank. Temuan penelitian ini juga membuktikan bahwa CEO tenure yang tinggi akan memperlemah hubungan antara persentase pengawas dan direksi wanita dengan risiko bank. Sedangan kepemilika saham CEO tidak terbukti memperkuat hubungan antara persentase pengawas dan direksi wanita dengan risiko bank.

Kata kunci : pengawas dan direksi wanita, kekuasaan CEO, risiko bank

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 20, 2019
How to Cite
ROHMAWATI, Lilik. Pengaruh Pengawas dan Direksi Wanita Terhadap Risiko Bank Dengan Kekuasaan CEO Sebagai Variabel Pemoderasi (Studi Bank Umum Indonesia). Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 4, n. 9, p. 26-42, sep. 2019. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/707>. Date accessed: 20 oct. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v4i9.707.