Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar dan Pembelajaran Pada FKIP-Universitas Baturaja

  • Nora Agustina
  • Anita Adesti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran yang valid dan praktis pada mata kuliah Strategi belajar dan pembelajaran pada Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Baturaja. Metode penelitian menggunakan Metode Pengembangan dengan model desain pengembangan produk Rowntree. Pengumpulan data dilakukan melalui (1) uji para ahli (expert) meliputi uji ahli media, ahli desain dan ahli materi, kemudian (2) uji Lapangan meliputi: uji perorangan (one to one), uji kelompok kecil (Small Group) dan Uji Lapangan (field tes), Subjek penelitian terdiri dari 20 orang responden. Berdasarkan hasil penelitian telah dihasilkan pengembangan modul pada mata kuliah Strategi Belajar dan Pembelajaran yang teruji validitasnya. Pengembangan modul yang dihasilkan dari aspek Materi sudah tepat dengan pembelajaran, menggunakan media cetak, gambar yang tepat, dan jelas dalam uraian materi, soal latihan dan soal evaluasi. Dari aspek Desain pembelajaran, Pengembangan modul yang dihasilkan memiliki kesesuaian pendekatan dalam pembelajaran, efektif dan efisien dalam pencapaian kompetensi, sesuai dengan karakteristik sasaran, soal latihan dan soal evaluasi sesuai dengan RPS. Dari aspek Media modul yang dihasilkan memiliki kemenarikan dan kemudahan dalam memahami materi sehingga diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk lebih termotivasi dalam belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa perkuliahan pada mata kuliah Strategi Belajar dan Pembelajaran menggunakan modul dapat meningkatkan aktivitas belajar mahasiswa.


Kata kunci : Pengembangan, Modul Pembelajaran, Strategi Belajar dan Pembelajaran


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 20, 2019
How to Cite
AGUSTINA, Nora; ADESTI, Anita. Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar dan Pembelajaran Pada FKIP-Universitas Baturaja. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 4, n. 9, p. 83-93, sep. 2019. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/713>. Date accessed: 20 oct. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v4i9.713.