Kartelisasi Media Massa Dalam Membangun Sentimen Keagamaan Pada Pemilukada DKI Jakarta Tahun 2012

  • Nunu Jaenudin

Abstract

Penelitian ini berusaha menjelaskan seperti apa sentimen keagamaan yang dimainkan oleh media massa pada masa Pemilukada DKI Jakarta berlangsung dan bagaimana pola interkasi media massa dengan partai politik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi yang masuk kedalam kajian penelitian kualitaif adapun teknik analisis isi berusaha menampilkan isi berita terkait sentimen keagamaan pada Pemilukada DKI Jakarta. dengan metode pengumpulan data analisis teks berita wawancara mendalam dan studi pustaka sedangkan obyek penelitain ini adalah surat kabar harian Pos Kota, surat kabar harian Rakyat Merdeka, dan tabloid Suara Islam. Melalui analisis isi difokuskan kepada isu sentimen keagamaa yang ada pada surat kabar di bulan Juli Agustus dan September perbedaan kepentingan terlihat kepada kepentingan politiknya. Surat kabar harian Pos Kota dalam pemberitaannya banyak memuat sentimen keagamaan, Pos Kota terlihat mendukung pasangan Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli, dilihat dari banyaknya porsi pemberitaannya, serta melakukan seranganserangan terhadap calon gubernur Jokowi dan Ahok sedangkan surat kabar harian Rakyat Merdeka pada putaran pertama mendukung pasangan Alex Nono dan pada putaran kedua lebih bersikap netral dengan berusaha menampilkan isu sentimen keagamaan agar tidak menyebar ke masyarakat, adapun tabloid Suara Islam yang merupakan tabloid islam pada putaran pertama mereka mandukung calon gubernur Hidayat Nur Wahid dengan alasan satu ideologi dengan mereka. Penelitian ini membuktikan bahwa media massa cetak tidak bisa lepas dari kepentingan pragmatisme politik dan juga idealisme media massa dalam konteks pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) DKI Jakarta ditingkat lokal. Kedepan penting dilihat kembali konsistensi konstruksi media cetak pada pemberitaan politik yang lain., sehingga dapat dilihat juga apakah konstruksi dapat dipengaruhi oleh isu yang berkembang dari sikap partai politik,.

Kata Kunci: Kartelisasi, Media Massa, Analisis Isi, Sentimen Keagamaan, Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada), dan DKI Jakarta

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 20, 2019
How to Cite
JAENUDIN, Nunu. Kartelisasi Media Massa Dalam Membangun Sentimen Keagamaan Pada Pemilukada DKI Jakarta Tahun 2012. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 4, n. 9, p. 94-112, sep. 2019. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/714>. Date accessed: 20 oct. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v4i9.714.