Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 17 Bandung

  • Syaiful Bachri Siregar

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah akan berhasil jika seorang guru mampu menerapkan pendekatan, metode, model, dan media pembelajaran yang tepat. Namun pada kenyataannya, hasil belajar Kimia siswa pada tahun pelajaran sebelumnya masih perlu ditingkatkan. Rata-rata nilai Kimia siswa masih ada yang dibawah KKM. Oleh karena itu, perlu dikembangkan model pembelajaran sains, yang dapat meningkatkan hasil belajar Kimia. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar kimia adalah model pembelajaran berbasis pemecahan masalah (PBL). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas mengunakan sistem spiral refleksi model Kemmis dan Mc Taggart, dengan tahapan mulai dari merencanakan pembelajaran, melaksanakan, observasi dan refleksi, yang dilakukan dari siklus I sampai siklus II dan seterusnya sampai diperoleh rekomendasi, hasil belajar siswa dan daya serap klasikal siswa pada siklus belajar terakhir tuntas. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 17 Bandung, tahun pelajaran 2018/2019. Jumlah siswa kelas XII MIPA 5 yang diteliti sebanyak 35 orang. Penelitian dilaksanakan dari tanggal 20 Juli – 24 Agustus 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam melaksanakan tahaptahap model PBL mulai dari melaksanakan orientasi masalah, melaksanakan diskusi, melaksanakan penyelidikan individu dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, serta menganalisa dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, mengalami peningkatan, mulai dari siklus I ke siklus II dan akhirnya optimal pada siklus II, yaitu hampir semua jenis aktivitas sudah di atas 70%. Hasil belajar siswa kelas XII MIPA 5 mengalami peningkatan setelah diterapkannya model PBL, hal ini terlihat dari peningkatan daya serap rata-rata dan daya serap klasikal siswa dari siklus I ke siklus II. Kemudian tanggapan dan sikap siswa terhadap model PBL yang diterapkan sangat positif.

Kata kunci : Model, Problem Based Learning, hasil belajar, kimia

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 20, 2019
How to Cite
SIREGAR, Syaiful Bachri. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XII MIPA 5 SMA Negeri 17 Bandung. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 4, n. 9, p. 132-140, sep. 2019. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/716>. Date accessed: 10 july 2020. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v4i9.716.