Implementasi Regulasi Pelayanan Medis Bagi Mahasiswa Kedokteran di Rumah Sakit Waled Kabupaten Cirebon

  • Yandri Naldi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis implementasi regulasi pelayanan medis bagi mahasiswa kedokteran di Rumah Sakit Pendidikan, Untuk menganalisis implementasi regulasi pelayanan medis bagi mahasiswa di Rumah Sakit Umum Daerah Waled kabupaten Cirebon, Menganalisis kendala dan memberikan solusi dalam implementasi pelayanan medis bagi mahasiswa kedokteran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metodologi deskriptif, penulis melakukan studi dokumentasi untuk mengkaji pelaksanaan regulasi pelayanan medis di Rumah Sakit Pendidikan Waled tahun Oktober 2011 s/d April 2012. Metode pengumpulan data dengan cara menggali peraturan perundang-undangan yang berlaku dan peraturan yang ada di Rumah Sakit Waled. Tehnik sampling yang digunakan menggunakan metode snowball. Data diambil dari data primer yang diperoleh dari managemen RS Waled, dan data sekunder dari peraturan perundang-undangan yang berlaku. Analisa data kualitatif dengan metode pendekatan yuridis normative. Aspek yuridis pelayanan medis tertuang pada (R. Indonesia, 2003),(Nasional, 2005). Aspek kompetensi pelayanan kesehatan bagi mahasiswa kedokteran tertuang dalam buku Standar Rumah Sakit Pendidikan Departemen Kesehatan, MOU RS Waled dan FK Unswagati, log book mahasiswa kedokteran di tiap SMF dan buku panduan praktek belajar lapangan/kepaniteraan yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit Waled.

Kata kunci: Regulasi, pelayanan medis, mahasiwa kedokteran, Rumah Sakit Pendidikan, Rumah Sakit Waled.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 20, 2019
How to Cite
NALDI, Yandri. Implementasi Regulasi Pelayanan Medis Bagi Mahasiswa Kedokteran di Rumah Sakit Waled Kabupaten Cirebon. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 4, n. 9, p. 152-162, sep. 2019. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/718>. Date accessed: 20 oct. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v4i9.718.