Pengaruh Brain Gym Lanjut Usia Terhadap Fungsi Kognitif Pada Lanjut Usia di UPTD Puskesmas Majalengka Kecamatan Majalengka Wetan Kabupaten Majalengka Tahun 2019

  • Ade Tedi Irawani
  • Lina Siti Nuryawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh brain gym Lanjut Usia terhadap Fungsi Kognitif Pada Lanjut Usia di UPTD Puskesmas Majalengka Kecamatan Majalengka Wetan Kabupaten Majalengka Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi eksperimen dengan pendekatan pre dan post test whith control group. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh lanjut usia di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Majalengka Kecamatan Majalengka Wetan Kabupaten Majalengka Tahun 2018 yaitu sebanyak 4.711 orang dan sampelnya 30 orang. Teknik pengumpulan data dengan teknik Non Probability Sampeling yaitu Proporsive Sampling sesuai kriteria inklusi dan instrumennya menggunakan kuesioner. Analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi dan analisis bivariat menggunakan uji Mann Whitney dengan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa Sebelum brain gym Lebih dari setengah responden (64,7%) mengalami penurunan fungsi kognitif. Setelah brain gym kurang dari setengah responden (29,4%) mengalami penurunan fungsi kognitif Terdapat Pengaruh brain gym Lanjut Usia terhadap Fungsi Kognitif Pada Lanjut Usia di UPTD Puskesmas Majalengka Kecamatan Majalengka Wetan Kabupaten Majalengka Tahun 2018., (P value 0,001 < α = 0,05). Brain gym lanjut usia yang bisa di laksanakan di rumah ataupun bebarengan dengan senam dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif penanganan non farmakologis untuk mengatasi gangguan fungsi kognitif pada lanjut usia dan tenaga kesehatan agar menghimbau lansia untuk dapat mengikuti brain gym secara baik dan benar.
Kata Kunci : Brain gym Lanjut Usia, Fungsi Kognitif, Lanjut Usia

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 20, 2019
How to Cite
IRAWANI, Ade Tedi; NURYAWATI, Lina Siti. Pengaruh Brain Gym Lanjut Usia Terhadap Fungsi Kognitif Pada Lanjut Usia di UPTD Puskesmas Majalengka Kecamatan Majalengka Wetan Kabupaten Majalengka Tahun 2019. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 4, n. 10, p. 1-11, oct. 2019. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/746>. Date accessed: 11 dec. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v4i10.746.