Analisis Kemampuan Metode Ilmiah Dalam Membuat Laporan Penelitian Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

  • Eka Kartikawati

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan metode ilmiah dalam membuat laporan penelitian mahasiswa pendidikan biologi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. Metode penelitian dilakukan secara deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menganalisis data primer yang diperoleh dari lapangan dan teknik pengumpulan data dilakukan secara gabungan analisis data bersifat induktif, dan hasil penelitian menekankan pada makna dan generalisasi. pada mahasiswa yang mengontrak mata kuliah biologi umum pada semester genap 2019/2020. Pembahasan difokuskan pada pembuatan laporan hasil penelitian berupa makalah. Hasil penelitian diperoleh dari aspek kemampuan mahasiswa dalam hal membuat laporan yang berbentuk makalah adalah mencakup hasil rata rata pada kemampuan format penyusunan sebesar 92,5% dan hasil rata-rata pada keterbacaan adalah 88,5 %. Sehingga hasil rata-rata pada kemampuan mahasiswa dalam menghasilkan laporan penelitian sebesar 90,5% dengan kategori sangat baik. Pembuatan produk ilmiah membantu peserta didik untuk mengembangkan dan meningkatkan keterampilan berkomunikasi dalam bentuk tulisan.
Kata kunci: kemampuan, metode ilmiah, laporan penelitian, pendidikan biologi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 20, 2019
How to Cite
KARTIKAWATI, Eka. Analisis Kemampuan Metode Ilmiah Dalam Membuat Laporan Penelitian Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 4, n. 10, p. 27-33, oct. 2019. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/748>. Date accessed: 12 dec. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v4i10.748.