Peran Self Concept Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar

  • Muchlis Muchlis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pola hubungan dan pengaruh konsep diri dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa MAN 1 Cirebon. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah metode kuantitatif dengan pengambilan samel menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik pengumpulan data untuk mendapatkan informasi teoritis dipergunakan studi kepustakaan, observasi lapangan, angket yang berkaitan dengan konsep diri dan motivasi belajar serta melakukan wawancara. Analisis data digunakan uji statistik untuk mengetahui peran antar variable yang diteliti. Konsep diri dan motivasi belajar (X1, X2) secara simultan mempunyai peran yang signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa MAN 1 Cirebon (Y).
Kata Kunci: Peran, Self concept, motivasi, prestasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Oct 20, 2019
How to Cite
MUCHLIS, Muchlis. Peran Self Concept Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, [S.l.], v. 4, n. 10, p. 80-90, oct. 2019. ISSN 2548-1398. Available at: <http://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/753>. Date accessed: 11 dec. 2019. doi: http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v4i10.753.